Fakta tentang jaringan 5G yang banyak orang tidak tahu

Posted on

Dalam kemajuan teknologi yang terus berkembang pada zaman yang serba modern ini kita pasti tak asing lagi dengan yang namanya internet. Internet saat ini sangat dibutuhkan untuk dapat mengakses jejaring social media, menambah wawasan, dan sebagainya. Sampai sekarang, kalian mungkin telah merasakan koneksi internet 4G yang kecepatan koneksinya sudah sangat cepat. Tapi apakah kalian tahu tentang kehadiran 5G ? Kabarnya, jaringan 5G akan masuk ke Indonesia di tahun 2020 nanti. Masih lama sih, kita baru bisa merasakan internet super ngebut ini. Jaringan 5G sudah beredar dibeberapa negara contohnya Korea Selatan yang meluncurkan jaringan 5G nasional pertama di dunia. Biar nggak penasaran lagi, berikut fakta tentang internet 5G.

Telah dilakukan uji coba di Indonesia

5G logo

Koneksi 5G sudah sangat ditunggu-tunggu di Indonesia dan uji cobanya sendiri sudah dilakukan Telkomsel sebagai bentuk upaya mengakselerasi terbentuknya IoT, dan sebagai tanda dimulainya peneranapan koneksi 5G di Indonesia. Uji cobanya sendiri menggunakan teknologi radio akses Norrowband IoT (NB-IoT) yang memenuhi standar 3GPP yang dilakukan di frekuensi 900 MHz dengan metode stand alone, sehingga jangkauannya pun lebih luas.

Pelanggan 5G di Korsel tembus 1 juta

Pelanggan 5G di Korsel tembus 1 Juta

Jaringan 5G sudah dirilis sejak tanggal 3 April 2019 lalu. Antusias masyarakat Korsel sangat tinggi terhadap jaringan baru tersebut. Dalam waktu 2 bulan saja atau lebih tepatnya 69 hari, Pelanggan jaringan 5G di Korsel tembus 1 juta pelanggan. Diketahui bahwa mayoritas pengguna jaringan 5G tersebut menggunakan layanan milik SK Telecom (Operator telekomunikasi bergerak milik Korea Selatan). Dari data yang mengatakan bahwa SK Telecom memiliki presentasi 40% Sementara operator lain seperti Korea Telecom dan LG Uplus hanya memiliki presentasi 30% saja.

Kelebihan 5G dibanding 4G

kelebihan 5G

Dilansir daari www.cnn.com, Selasa 26 Februari 2019, 5G akan memberikan koneksi internet di ponsel lebih cepat hingga 100 kali di jaringan 4G. Itu cukup untuk melakukan streaming video 8K atau mengunduh film 3D dalam 3 detik. Pengunduhan video 3D pada ponsel 4G memakan waktu enam menit. Hal ini dikarenakan jaringan 5G berjalan di gelombang frekuensi super tinggi. Frekuensi yang tinggi ini membawa kecepatan lebih cepat dan bandwidth (Tingkat maksimum transfer data melintasi jalur yang diberikan) lebih banyak.

Kekurangan 5G

Kekurangan 5G

Disamping dengan kecepatannya yang super ngebut 5G memiliki beberapa kelemahan, yaitu kecepatan yang dijanjikan mungkin agak sedikit sulit dicapai karena masih minimnya dukungan teknologi di berbagai belahan dunia, banyak perangkat saat ini yang hanya support 4G dan jika ingin merasakan 5G kita harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru sedangkan itu tidak murah, pengembangan infrastrukturnya membutuhkan biaya yang sangat tinggi, untuk masalah keamanan privasi yang masih belum bisa terselesaikan seperti masih adanya celah dimana seseorang dapat mencegat panggilan telepon dan melacak lokasi.

        Kemajuan teknologi emang nggak ada habisnya selalu bermunculan inovasi-inovasi baru  yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Contohnya saja koneksi 5G yang sekarang lagi hangat diperbincangkan di berbagai media social. Kita lihat saja, bagaimana pengalaman yang akan dirasakan nanti saat 5G masuk ke Indonesia.